Maandag 15 September 2014

Pemrograman Basis Data II - Tugas 1

Apakah PL/SQL itu ?? PL/SQL khusus untuk oracle saja. PL/SQL yang merupakan singkatan dari Procedural Language/Structured Query Language merupakan sebuah penggabungan antara bahasa pemrograman prosedural (PL) dan SQL syntax. Jadi dengan PL/SQL kita tidak perlu menggunakan sebuah bahasa pemrograman sendiri. fungsi-fungsi standard di bahasa pemrograman sudah ada di sini dan bisa langsung digabung dengan perintah SQL untuk memanipulasi database. Tapi PL/SQL cuma ada di database oracle saja.

Perbedan SQL dan PL/SQL :
1.      SQL adalah bahasa deklaratif untuk database yg sudah distandarkan secara internasional (ANSI dan ISO), jadi seharusnya semua database yg menggunakan SQL standar akan memiliki statement/syntax yg sama, baik di Oracle, MySQL atau database lainnya. Tetapi beberapa database memang memiliki statement/syntax proprietary yg hanya dikenali di database itu sendiri dan ini tentu saja bukan standar SQL.
 
2.   Sementara PL/SQL adalah ekstensi dari SQL dengan menambahkan fungsi bahasa prosedural. Berbeda dengan SQL yg hanya mementingkan bagaimana mendapatkan hasil, dengan PL/SQL juga akan diketahui bagaimana proses untuk mendapatkan hasil tsb. Karena PL/SQL merupakan bahasa prosedural, maka statement/syntax yg digunakan sangat tergantung dari jenis bahasa yg diadopsi.

Database Oracle adalah Database relasional yang terdiri dari kumpulan datadalam suatu sistem manajemen Database RDBMS. Perusahaan Software Oraclememasarkan jenis Database ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform)

Oracle juga menyediakan form sebagai jembatan antar pemakai dan program. Form Builder merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat form dan bisa berhubungan langsung dengan database Oracle

Block : merupakan sebuah kontainer yang didalamnya menampung berbagai macam obyek yang digunakan oleh sebuah form seperti text items, lists, buttons, dan yang lain. Block memungkinkan sebuah mekanisme yang mengelompokkan item -item yang saling berhubungan.

Canvas :merupakan sebuah kontainer untuk meletakkan obyek yang digunakan dalam form.

Items : macam – macam icon atau attribute  yang dapat diisikan perintah /syntax yang digunakan untuk membuat program aplikasi.

Base table : attribute yang tersimpan didalam sistem database.
Non base table : attribute yang tidak tersimpan didalam sistem database.

NIM : 12.39010.0023
Nama : Inna Mahdiati Andini
Tugas ke : 1
Alamat link dosen pembina : http://blog.stikom.edu/lusiani


.




0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking